logo

Desa Bakom

Jalan Raya Bakom Rt 006 Rw 002 Dusun Pahing Desa Bakom 45562
Telp. Email : [email protected]
Kembali

Seminar Pengembangan UMKM bersama KKN Universitas Kuningan

12
02 Aug 2023
Admin Desa Bakom
logo

Mahasiswa KKN Universitas Kuningan masih dalam rangkaian kegiatan gebyar Ruang Literasi Masyarakat yang bertajuk “Pengembangan dan Pendampingan Legalitas UMKM” kembali menggugah masyarakat Bakom akan pandangan baru mengenai pengembangan UMKM di era modern.

Seminar yang dilaksanakan di Aula Balai Desa Bakom, Senin (31/7/2023) ini mengundang seorang pengusaha sekaligus dosen yang berkarir di Universitas Kuningan, yakni Januar Habibi Mahsyar S.E., M.M. sebagai pembicara. Kegiatan ini mendapat respon positif dari aparatur desa maupun masyarakat sekitar.

“Kegiatan seminar ini masih satu rangkaian dengan program kerja kelompok KKN Universitas Kuningan melalui judul utama yaitu Ruang Literasi Masyarakat. Bisa dikatakan kegiatan ini sebagai salah satu pondasi pendongkrak judul utama tersebut.” Ujar Muhamad Rizal Maulana selaku moderator yang memandu kegiatan ini berlangsung.

Tidak ada klasifikasi peserta yang ditentukan. Pemilik maupun bukan pemilik UMKM diperbolehkan untuk mengikuti kegiatan secara gratis. Pembekalan materi dibagi tiga poin utama yang saling berkaitan, yakni Pengelolaan UMKM, Digitalisasi Marketing dan Legalitas Usaha.

“Pengelolaan UMKM, digitalisasi marketing, dan legalitas usaha dapat terbilang faktor krusial dalam keberhasilan dan pertumbuhan UMKM di era modern. Dengan pengelolaan yang efektif, UMKM dapat mengoptimalkan sumber daya dan beradaptasi dengan perubahan pasar. Melalui digitalisasi marketing, UMKM dapat memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan efisiensi pemasaran. Sementara itu, legalitas usaha menciptakan kepercayaan konsumen dan memastikan keberlanjutan usaha. Dengan menyatukan strategi pengelolaan, digitalisasi marketing, dan kepatuhan hukum, UMKM dapat mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan dan berkontribusi positif pada perekonomian secara keseluruhan.” Papar pembicara.

Para peserta menyampaikan apresiasi atas pemahaman yang berharga mengenai pentingnya aspek hukum dalam mengelola UMKM. Diskusi yang berlangsung juga menggugah semangat kolaborasi dalam mendukung pertumbuhan dan keberhasilan UMKM setempat.

 “Semoga hasil dari seminar ini dapat diimplementasikan dengan baik oleh peserta dalam usaha masing-masing, sehingga UMKM dapat berkembang secara berkelanjutan dan memberikan kontribusi yang berarti bagi perekonomian dan masyarakat secara luas. Acara ini juga tidak terlepas dari dukungan semua pihak yang terlibat, dan semangat kegiatan ini diharapkan terus berkembang untuk masa depan yang lebih cerah.” Tutup Rizal.

Kategori

  1. Default

Hubungi Kami

logo

Bakom

Jalan Raya Bakom Rt 006 Rw 002 Dusun Pahing Desa Bakom Darma

Lokasi Balai Desa

Portal Resmi Sistem Informasi Pemerintahan Desa Kelurahan Terpadu
Desa Bakom, Kec. Darma, Kab. Kuningan, Prov. Jawa Barat

SIPDeskel V1.0.8.24

© METADESA 2024